PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024

Administrator 16 Januari 2024 09:57:56 WIB

Sub-Pekan Imunisasi Nasional Polio secara serentak akan dimulai pada Senin, 15 Januari 2024. Pelaksanaan Sub-PIN Polio akan dimulai secara serentak di seluruh Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut rencana, imunisasi dilakukan dalam dua putaran dengan jarak minimal antar-putaran selama satu bulan. Putaran pertama dimulai 15 Januari 2024 dan putaran kedua mulai 19 Februari 2024. Imunisasi ini dilakukan sebagai respons atas temuan kasus lumpuh layuh akut akibat virus polio. Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Polio. Penyakit polio lebih banyak menyerang anak usia dibawah 5 tahun, meski demikian sebenarnya usia berapapun bisa terinfeksi polio. Polio sangat mudah menyerang orang-orang yang belum mendapatkan vaksin polio. Imunisasi dalam Sub-PIN Polio diberikan untuk sasaran seluruh anak usia 0-7 tahun, termasuk pada pendatang tanpa memandang status imunisasi sebelumnya. Jadi, semua anak dengan usia sasaran akan mendapatkan imunisasi polio.

Kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional di Desa Ngadisuko dilaksanakan pada Hari Selasa Tanggal 16 Januari 2024 di Balai Desa Ngadisuko bagi balita yang terdaftar di Posyandu dan di Sekolah TK dan Paud diwilayah Desa Ngadisuko. Target atau sasarannya adalah balita yang ada di Desa Ngadisuko yang terdata di Posyandu desa, juga anak-anak usia maksimal 7 tahun yang sudah sekolah Paud dan TK.

Penyakit polio termasuk salah satu penyakit yang berbahaya, mengapa demikian ?

  • Polio sangat menular. Virus masuk ke tubuh melalui mulut dan mengifeksi saluran usus dapat ditularkan melalui paparan kotoran pengidap polio, percikan ludah saat pengidapnya bersin atau batuk, dan melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi kotoran atau percikan yang mengandung virus polio.
  • Polio bisa menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Virus polio masuk ke tubuh dan memasuki aliran darah dan mengalir ke sistem saraf pusat, sehingga melemahkan otot dan menyebabkan kelumpuhan.
  • Polio menyebabkan kecacatan permanen. Polio tidak bisa disembuhkan, hanya dapat dicegah.
  • Satu anak terinfeksi polio, satu negara beresiko terinfeksi
  • Polio tidak ada obatnya

 

Komentar atas PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi NGADISUKO

tampilkan dalam peta lebih besar