SCREENING LANSIA

Administrator 29 Mei 2024 10:57:03 WIB

Mulai Tahun 2024 program screening lansia yang tadinya dilanyani di Puskesmas sekarang dilaksanakan dilingkungan masing-masing. Screening Lansia adalah program dari BPJS Kesehatan  melalui Program Prolanis. Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis merupakan program dari BPJS Kesehatan yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup para penderita penyakit kronis dan merupakan kegiatan terintegrasi yang membutuhkan kerja sama solid antara BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan, dan pasien.

Sasaran dari kegiatan Penyakit kronis yang menjadi fokus pada Prolanis adalah diabetes tipe 2 dan Hipertensi. Sebab, jumlah pengidap kedua penyakit tersebut memang sangat banyak di Indonesia. Tujuan Prolanis Mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke Puskesmas memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap penyakit DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai Panduan Klinis terkait sehingga dapat mencegah timbulnya komplikasi penyakit.

Sasaran dari Program Prolanis untuk Desa Ngadisuko sebanyak 21 lansia. Peserta Prolanis yang sudah terdaftar nantinya akan menjalani pemeriksaan kesehatan oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama. Pemeriksaan tersebut mencakup: Gula darah puasa (GDP), Gula darah 2 jam setelah makan (GDPP), Tekanan darah, Indeks massa tubuh (IMT), HbA1C

 

Komentar atas SCREENING LANSIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi NGADISUKO

tampilkan dalam peta lebih besar