KEGIATAN SYUKURAN DI KEDUNG SOBRAH TIAP AWAL MUSIM TANAM PERTAMA

Administrator 15 Februari 2018 04:00:21 WIB

Indonesia merupakan negara yang memiliki aneka ragam kebudayaan. Setiap daerah di Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda antara daerah satu dengan daerah lain. Kebudayaan yang berada di masing-masing daerah merupakan warisan dari nenek moyang. Kebudayaan tersebut dapat berupa bahasa, pakaian, kesenian, serta upacara adat. Upacara adat merupakan suatu ritual atau rangkaian kebiasaan masyarakat yang dilakukan atas dasar makna dan tujuan tertentu.

Setiap daerah memiliki bermacam-macam ritual kebiasaan atau upacara adat.  Seperti halnya di Desa Ngadisuko Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek memilki upacara adat yang dikenal masyarakat, yaitu Upacara Syukuran Awal Tanam Di Kedung Sobrah. Upacara adat ini diwariskan turun-temurun yang diwariskan oleh para leluhur.

Di dalam upacara adat Syukuran Awal Tanam Di Kedung Sobrah ini sampai sekarang masih terus dilesatarikan oleh Pemerintah Desa Ngadisuko sampai sekarang. Upacara ini melibatkan semua perangkat Desa Ngadisuko, Anggota HIPPA dan warga Desa Ngadisuko yang sawahnya dialiri dari Kedung Sobrah.

Upacara adat syukuran ini dilaksanakan setiap awal musim tanam pertama atau MT 1. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan atau simbol rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT atas segala kenikmatan dan berkah yang telah diberikan. Selain itu, upacara adat ini digunakan sebagai tolak bala untuk menjauhkan dari berbagai macam bencana dan gangguan. Upacara Syukuran Awal Tanam Di Kedung Sobrah ini secara tidak langsung memiliki manfaat sebagai salah satu alat untuk menjaga kerukunan dan kesejahteraan masyarakat.

Komentar atas KEGIATAN SYUKURAN DI KEDUNG SOBRAH TIAP AWAL MUSIM TANAM PERTAMA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi NGADISUKO

tampilkan dalam peta lebih besar